Selamat datang di Sidowayah RT 01/06 Ngreco, Weru, Sukoharjo

handphone-tablet
Breaking News
recent

Pengajian RT Terakhir Sebelum Ramadhan, di Rumah Bapak Slamet Maryam


Kamis, 18 Mei 2017, bakda shalat Isya, terlihat nyala benderang lampu di rumah Bapak Slamet - Ibu Maryam. Rupanya, malam ini, rumah beliau ketempatan pengajian rutin malam Jumat.

Malam ini, pengajian dipandu pembawa acara Bapak RT. Usai dibuka dengan basmalah, dilanjut pembacaan ayat suci Alquran yang dipimpin oleh Bapak Ibnu Kaab.


Kemudian acara inti taushiah, disampaikan oleh Ustadz Fauzan. "Alhamdulillah, sebentar lagi kita akan kedatangan tamu istimewa yaitu bulan suci Ramadhan," beliau memulai. "Marilah kita persiapkan diri untuk beribadah agar bisa meningkat kadar iman dan takwa kita."


Kemudian Ustadz Fauzan menyampaikan fase puasa sampai ke fase sekarang yang kita laksanakan.

يٰٓـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِکُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ ۙ

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
[QS. Al-Baqarah: Ayat 183]


اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍ  ؕ  فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ  ؕ  وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍ  ؕ  فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ  ؕ  وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّـکُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

(yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
[QS. Al-Baqarah: Ayat 184]


"Awalnya, fase pertama turun perintah puasa, maka yang merasa berat boleh dengan membayar fidyah. Tapi pada fase berikutnya, hanya yang memiliki udzur syar'i yang boleh membayar fidyah, seperti yang sudah lanjut usia atau sakit menahun yang tidak memungkinkan berpuasa," jelas beliau.


Juga fase awal dulu, tidak boleh mencampuri istri saat malam Ramadhan, fase terakhir yang ditetapkan Allah diperbolehkan. Dulu juga tidak boleh makan jika waktu buka puasa ketiduran.

"Puasa bukanlah beban, tapi bukti keikhlasan kita dalam beribadah," pungkas beliau.


Usai taushiah, Pak RT mengumumkan beberapa hal:

- Tanggal 20 Mei 2017 diharapkan mengibarkan bendera satu tiang penuh pada pukul 06:00 sampai 18:00 wib untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional.
- Tanggal 24 Mei 2017 akan ada petugas jumantik yang akan mengecek ke rumah-rumah, mengecek ada tidaknya jentik nyamuk pada tempat-tempat air.

Pengajian diakhiri dengan hamdalah.
Suden Basayev

Suden Basayev

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.