Selamat datang di Sidowayah RT 01/06 Ngreco, Weru, Sukoharjo

handphone-tablet
Breaking News
recent

Rapat Karang Taruna Sidowayah di Rumah Bapak Sarjono

 

Malam yang cerah di rumah Bapak Sarjono, S.Pd di RT 01/07 Sidowayah, terlihat semarak karena berkumpulnya beberapa tokoh masyarakat dan tokoh pemuda bersama pengurus Karang Taruna Kadus Sidowayah. Sesuai undangan pengurus, malam ini digelar rapat Karang Taruna. Hadir Pak RW 07 dan para RT se-Sidowayah serta para PHB.

Dipimpin oleh Bapak Harto selaku pembawa acara, pertemuan dibuka dengan membaca basmalah bersama-sama.


Selanjutnya, sambutan dari Ketua Umum Karang Taruna Bp. Mukhlisin, S.Pd. Ucapan terima kasih atas kehadiran semuanya, lalu permohonan maaf beliau baru bisa mengadakan rapat ini karena beliau sakit beberapa waktu.

Setelah sambutan, laporan keuangan Karang Taruna oleh Bapak Heri Purwanto. "Laporan keuangan ini dari awal, saat serah-terima dari pengurus lama, dari Bapak Giyanto Rp2.511.200,- (dalam pinjaman Bp. Mari Rp445.000,-)."


Pengeluaran-pengeluaran di antaranya pembelian perlengkapan buku, membantu lomba 17-an untuk RT-RT yang menggelar perlombaan, beli etalase/almari seragam sinoman. Lalu pemasukan dari sewa inventaris yang dipinjam warga yang hajatan dan iuran tahunan pemuda. Sampai saat ini tertanggal 24 Oktober 2015, nilai saldo yang ada Rp3.198.200,-


Etalase/lemari tempat seragam sinoman
Usai laporan keuangan, Bapak Danuri, M.Ag, selaku Pembina Karang Taruna menyampaikan arahan. Beliau berharap pengurus sekarang bisa berbuat lebih baik dari pengurus lama. Memang, perkembangan jaman, pemuda saat ini lebih susah diatur. Meskipun saat ini sudah tidak ada tawuran antar pemuda, dulu sering terjadi terutama dengan pemuda Candi.


Beliau juga mengharap agar ada semacam pelatihan untuk protokol atau pun atur-atur saat ada acara manten, yang saat ini minim generasi.

Acara dilanjut dengan sarasehan atau rapat dipandu tuan rumah Bapak Sarjono, S.Pd. "Silakan untuk memberikan usulan-usulan," kata beliau setelah membuka ucapan.

Berikut beberapa usulan ataupun masukan:

Bapak Rohadi (Ketua RW 07): Saya usul, saya ada buku latihan tata cara olah pangandikan, bisa difoto copy untuk dipelajari bersama.

Pak Sugiman (Ketua RT 01/07): Saya minta agar diadakan tindak lanjut, pelatihan tata cara ucapan jawa dalam acara. Lalu, untuk dana kas yang dipinjam tidak usah diharapkan kalaupun tidak dibayar, jadi kas yang ada saja yang dimanfaatkan.

Pak Harto (Sekretaris Karang Taruna): Karang Taruna akan berusaha mengadakan pembibitan kridha basa. Lalu ada usul dari Bu Purwaningsih yang saat ini ijin dan titip usul, agar among tamu dicarikan bibit muda. Lalu usul, agar disediakan minuman dulu di meja tamu ketika tarub, tidak perlu menunggu dihidangkan oleh sinoman.


Bu Sri Rahayu: Usul jika ada tarub, sebelum lamaran harus diumumkan malamnya, jam berapa tamu datang. Tanggapan: Ini terjadi saat komunikasi dengan pihak besan lambat.

Pak Danuri: Latihan olah bahasa mohon dirembuk dan semua pengurus latihan. Semua pengurus bisa dilatih oleh Pak RW.

Pak Mukhlisin: Silakan tiap RT melengkapi inventaris agar Karang Taruna bisa fokus pada pelayanan saja. PHB mohon membina remajanya agar bisa kerja di tarub dengan baik.

Pak Sidik Pramono: Agar jika ada 2 tarub beriringan, barang sewaan jangan dilantur ke tarub berikutnya, harusnya kembali dulu ke tempat penyimpanan asal.

Pak Edi (PHB RT 01/07): Tanya tentang tarikan jumlah undangan. Tanggapan: Tarikan tahunan 10rb, undangan di bawah 500rb biaya 40rb, 501-1000 biaya 60rb, 1000 ke atas 70rb.

Keputusan-keputusan:
1. Pelatihan tata bahasa jawa, per-RT mencari 3 bibit beserta Ketua RT. Malam 15 tiap bulan mulai November tempat Pak Harto Tegalombo. Pengampu: Bp. Rohadi, Bp. Sugiman dan Bp. Sukiran.
2. Tarikan tahunan dana 10rb per KK.

Pertemuan berakhir ketika jam di ruang tamu Pak Sarjono menunjukkan pukul 22:40 WIB.
Suden Basayev

Suden Basayev

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.