Selamat datang di Sidowayah RT 01/06 Ngreco, Weru, Sukoharjo

handphone-tablet
Breaking News
recent

Taushiah Ustadz Fauzan tentang Fase Puasa Ramadhan pada Pengajian di Rumah Pak Sutrimo

 

Kamis, 2 Juni 2016, bakda shalat Isya, saatnya menuntut ilmu, mengaji bersama warga Sidowayah RT 01/06. Cuaca cerah kali ini giliran mengaji di rumah Bapak Sutrimo - Ibu Supatmi.

Pak Diyono memulai dengan bacaan basmalah bersama-sama para hadirin. Seperti biasa, dilanjutkan pembacaan ayat suci Alquran dipimpin langsung oleh Pak RT, yang kali ini bersama membaca surat Al Mukminun ayat 1 sampai 23.


Taushiah disampaikan oleh Ustadz Fauzan. "Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu menjadi orang bertaqwa," beliau memulai dengan membacakan surat Al Baqoroh ayat 183 tentang perintah berpuasa di bulan Ramadhan.

Selanjutnya, Ustadz Fauzan menyampaikan sejarah dari awal fase puasa Ramadhan:

Fase 1

Salah satu poin:

Orang sakit atau safar maka tidak wajib berpuasa tapi mengganti di bulan lain, atau mengganti fidiyah. Jadi ada pilihan: boleh mengganti lain hari atau mengganti fidiyah. Bolehnya mengganti fidiyah ini akan bersyarat saat di fase ketiga.


Fase 2

Ketika ketiduran saat waktu buka, maka ia harus melanjutkan puasanya di malam hari, tidak boleh makan-minum sampai waktu buka hari berikutnya. Ini juga gugur saat fase ketiga.

Fase 3

Turun ayat diperbolehkannya makan, minum dan berhubungan suami-istri, sampai saat fajar (Al Baqoroh 187).  Dan pada fase ketiga ini tidak boleh membayar fidiyah kecuali sakit jompo atau sakit yang tidak kunjung sembuh.

Jadi kita saat ini ada dalam fase 3. Jadi aturan fase 1 dan 2 yang sudah diperbarui tidak berlaku lagi.

Acara selesai setelah pembagian amanah berupa sajadah dari Pak H. Iskandar. Pengajian berakhir ditutup oleh Pak Diyono.
Suden Basayev

Suden Basayev

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.