Selamat datang di Sidowayah RT 01/06 Ngreco, Weru, Sukoharjo

handphone-tablet
Breaking News
recent

Shalat Gerhana Matahari di Masjid An Nuur


Takmir Masjid An Nuur Sidowayah, bekerja sama dengan MIM Sidowayah dan BA Aisyiyah Sidowayah menggelar shalat Kusuf di masjid. Shalat gerhana matahari ini dilaksanakan sekitar pukul 7 pagi pada hari Rabu, 9 Maret 2016.


Sebelum shalat dilaksanakan, Ustadz Sutarto, ketua Takmir yang hari ini juga akan memimpin shalat Kusuf, menyampaikan tata cara pelaksanaan shalat sebagaimana yang diajarkan Rasulullah Muhammad Saw.

"Shalat gerhana matahari yang akan kita laksanakan terdiri dari 2 rakaat," kata beliau. "Setiap rakaat melakukan 2 kali ruku, jadi total 4 rukuk semuanya."


Ustadz Sutarto menerangkan bahwa setelah membaca Al Fatihah dilanjutkan membaca bacaan surat yang panjang. Setelah ruku pertama kembali membaca Al Fatihah dan surat lagi. Begitulah 2 rakaat yang dilaksanakan.

Hadirin yang datang lumayan banyak karena adanya himbauan dari sekolahan untuk anak didik dan wali murid agar turut shalat gerhana di masjid An Nuur.

Pelaksanaan shalat berjalan dengan khusyuk dan tertib. Suasana pagi membuat serasa shalat hari raya.

Usai shalat, khotbah disampaikan juga oleh Ustadz Sutarto. Beliau mengingatkan tentang kekuasaan Allah, terutama dengan terjadinya gerhana matahari.

"Dengan peristiwa ini, marilah kita berdzikir dan berpikir. Dzikir mengingat Allah dengan mengagungkan nama-Nya dan melaksanakan shalat, sedang pikir adalah perenungan kita akan kekuasaan yang Allah tunjukkan," kata beliau.


Shalat dan khotbah berakhir dengan tertib. Sementara di langit yang diliputi kabut, warga Sidowayah berkesempatan menyaksikan gerhana matahari. Kalau saja tidak ada kabut, barangkali kita akan silau dan tidak bisa melihat matahari yang tertutup bulan.



Maha suci Allah dengan segala kuasa-Nya. Semoga kita bisa mengambil pelajaran berharga dari peristiwa alam ini. Aamiin.
Suden Basayev

Suden Basayev

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.