Selamat datang di Sidowayah RT 01/06 Ngreco, Weru, Sukoharjo

handphone-tablet
Breaking News
recent

Pembinaan Ustadz-Ustadzah TPQ se-Kecamatan Weru


Pada hari Ahad 6 Maret 2016, Badan Koordinasi TPQ (Badko TPQ) Kecamatan Weru, menyelenggarakan acara Pembinaan Ustadz/Ustadzah TPQ. Dihadiri sebagian besar ustadz/ah TPQ se-kecamatan Weru dan rawuh juga seluruh pengurus Badko, tamu undangan dari Pemerintah Kecamatan, Kemenag dan Badko Kabupaten Sukoharjo. Tercatat sekitar 215 peserta yang hadir.

Bertempat di Masjid Jami Al Falah (Masjid KUA Weru) Tawang, acara dimulai sekitar pukul 9 pagi, dibuka dengan beberapa sambutan, di antaranya ketua panitia Bapak Darmono, perwakilan Kemenag Bapak Imam Waladi, perwakilan Pemerintah Kecamatan Weru oleh Bapak Supomo, SH., MH.

Dalam kesempatan ini, Ketua Badko Kecamatan yakni Bapak Sukino, M.Pd, menyampaikan penyemangat untuk teman-teman yang berjuang di TPA masing-masing dan berharap melalui koordinasi Badko bisa mengadakan kegiatan pembinaan ini secara berkesinambungan.

Setelah itu, pemateri inti disampaikan Ustadz Aziz dari TPQ Hamas Krakitan, Bayat Klaten. Beliau menyampaikan materi penataran manajemen TKA/TPA.

Manajemen TKA/TPA, dimulai dengan membedakan jenjang kelas, Jenjang I TKA/TPA, Jenjang II TKAL/TPAL, dan Jenjang III TQA.



TKA/TPA (Taman Kanak-Kanak Alquran/Taman Pendidikan Alquran) adalah usia TK (4-6 tahun) dengan target mampu dan gemar membaca Alquran serta mampu dan rajin melaksanakan shalat 5 waktu. Juga ditargetkan hafal bacaan shalat, 12 doa sehari-hari, 12 surat pendek, 6 ayat pilihan, mampu menulis ayat Alquran dan tahu dasar-dasar Aqidah Akhlak.

Masa pendidikan TKA/TPA 1 tahun (2 semester) dengan pengelolaan kelas 60 menit tiap pertemuan dengan pembagian waktu tertentu. Efektifnya, 1 ustadz/ah mengampu 6 anak.
TKAL/TPAL (Taman Kanak-Kanak Alquran Lanjutan/Taman Pendidikan Alquran Lanjutan) adalah jenjang selanjutnya dengan target santri khatam baca Alquran, minimal 15 juz dan diberi materi penunjang seperti tajwid, irama murottal, menerjemahkan bacaan shalat, mengenal bahasa Arab dan menguasai beberapa hadits.
Jenjang ini masa pendidikan juga 1 tahun, dan setelah selesai bisa diadakan Wisuda Santri.

Jenjang tertinggi TQA (Ta'limul Quran lil Autad) pasca TKAL/TPAL. Targetnya paham isi Alquran dan hadits tentang aqidah, ibadah dan akhlaq, menguasai dasar ulumul Quran, tajwid dan murottal, khatam tadarus Alquran dan hafal terjemah bacaan shalat. Juga materi penunjang seperti shalat sunah dan shalat Jenazah, bahasa Arab, dan khot (penulisan Arab yang benar).

Semoga acara ini benar-benar memberikan manfaat, sesuai tema acara "Melalui Pembinaan Ustadz-Ustadzah TPQ, Kita Wujudkan Santri yang Berkualitas".
Suden Basayev

Suden Basayev

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.