Selamat datang di Sidowayah RT 01/06 Ngreco, Weru, Sukoharjo

handphone-tablet
Breaking News
recent

Berlatih Atur Bahasa Jawa agar Akrab dengan Kosakatanya


"Bp/ ibu mhn hadir bsk malam ba'da isyak jam 7.30, dirmh bp gatot suharto, tegal ombo,  Keperluan latihan olah boso, mhn tiap RT mengajak 4 orang. Mhn disebar luaskn. Trimakasih. Ketua karang taruna : Mukhlisin"

Demikian isi undangan yang dikirim Ketua Karang Taruna Bapak Mukhlisin melalui SMS. Dan malam ini, Senin 14 Desember 2015 diselenggarakan pelatihan olah bahasa di rumah Pak Harto Tegalombo.

Pertemuan kedua ini dihadiri sekitar 12 peserta, karena memang cuaca yang kurang bersahabat. Hujan gerimis yang tiada berhenti.



Dipandu oleh Bapak Rohadi, Bapak Sugiman dan Bapak Harto, serta dihadiri Bapak Bayan Ismail, peserta berlatih membaca naskah yang sudah disediakan, baik berupa pasrah temanten, pambagya raharja, dan sebagainya.


"Yang penting lidah terbiasa mengucapkan bahasa Jawa kawi dulu, juga membiasakan mendengar kata-kata kejawen," Pak RT 01/06 memberikan komentar.

Pak Bayan Ismail juga mendukung diselenggarakannya latihan ini, yang direncanakan rutin tiap sebulan sekali, yakni tanggal 14 malam ke-15.



Di antara peserta yang berlatih ke depan membaca naskah adalah Pak RT 01/06, Pak Taufik (RT 03/06), Pak Edi (RT 01/07), Pak Agus (RT 03/07), Pak Muhlisin (RT 02/06) dan Pak Bejo (RT 02/06). Sayang sekali, dari RT 02/07 tidak ada yang datang.



Setelah beberapa peserta maju berlatih, Bapak Bayan Ismail menyampaikan masukan-masukan.

"Agar tidak demam panggung, anggap hadirin itu teman dan kitalah yang paling pintar," kata beliau. Beberapa kosa kata yang kurang tepat tak luput dari evaluasi beliau.


Sebelum diakhiri, Pak RW 07 yakni Pak Rohadi dan Pak Ketua RT 01/07 Pak Sugiman memberikan contoh ke depan para peserta untuk bisa dilihat bagaimana logat ataupun gerak tubuh maupun pemenggalan katanya.
Suden Basayev

Suden Basayev

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.