Selamat datang di Sidowayah RT 01/06 Ngreco, Weru, Sukoharjo

handphone-tablet
Breaking News
recent

Pertemuan Perdana Latihan Tata Bahasa Jawa


Bakda Isya, setelah sejenak hujan membasahi bumi, Sabtu tanggal 14 November 2015, Karang Taruna Dukuh Sidowayah menyelenggarakan pelatihan Kridha Basa Pranata Adhicara di rumah Bapak Harto Tegalombo (Sidowayah RT 03/07). Hadir sekitar 20 orang, masing-masing sudah mewakili seluruh RT di Sidowayah.


Acara dibuka oleh Pak Mukhlisin selaku Ketua Umum Karang Taruna. Beliau berharap acara ini bisa menumbuhkan generasi yang mampu menjadi penyampai dalam acara tarub. "Saya pasrahkan nanti agar Pak RW Sukiran dan Rohadi memimpin latihan ini," harap beliau.


Pak Rohadi, Ketua RW 7, memulai dengan menyampaikan teori bagaimana caranya berbicara di depan sasana tarub, posisi tubuh dan sebagainya. Dalam hal ini sangat dibutuhkan mental dan percaya diri yang kuat.



Pak Sukiran, Ketua RW 6, melanjutkan. Beliau menyatakan bahwa di sini semua belajar bersama, tidak perlu menyebut Pak RW sebagai guru.

Karang Taruna membagikan buku Tulodho Kagem Pranata Adhicara karya Nyoto Sukismo terbitan Lingkar Media.



Pak Harto selaku tuan rumah menyampaikan, bahwa latihan ini dilaksanakan sebulan sekali setiap malam ke-15. Beliau juga menyatakan bahwa meski ada buku yang bisa dipelajari, tentu saja perlu dipraktekkan agar bisa pas intonasi maupun gaya bahasa yang digunakan.


Pak Sugiman, Ketua RT 01/07, menyampaikan bahwa buku panduan bisa untuk pedoman, boleh ditambah ataupun dikurangi.

Pada pertemuan pertama pelatihan malam ini, baru bisa memberikan contoh pambagyaharja yang dipraktekkan oleh Pak Harto. Latihan akan dilanjut bulan depan.
Suden Basayev

Suden Basayev

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.