Selamat datang di Sidowayah RT 01/06 Ngreco, Weru, Sukoharjo

handphone-tablet
Breaking News
recent

Pelatihan Pembuatan Website di Balai Desa Ngreco


Minggu pagi, 7 Juni 2015, terlihat aktivitas pada hari libur di balai desa Ngreco. Sebuah pelatihan yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Kelurahan Ngreco, yakni pelatihan pembuatan website. Sekira pukul 8 pagi, acara sudah dimulai.

"Peserta dari tiap kebayanan, pada undangan kami memang membatasi 4 orang saja tiap dusunnya," kata Ibnu Kaab, ketua Karang Taruna yang berhasil ditemui waRTa16 di sela kesibukannya mempersiapkan acara bersama beberapa panitia lainnya.

Pak Kaab, begitu ia biasa disapa, guru MIN Grogol yang terpilih memimpin Karang Taruna tingkat kelurahan ini mengatakan, bahwa pelatihan ini gratis, peserta hanya diwajibkan membawa laptop dari rumah. "Untuk koneksi internet, kita manfaatkan perangkat android dengan mengaktifkan share wifinya. Alhamdulillah koneksi jaringannya lumayan cepat di balai desa ini," jelasnya.


Ini merupakan acara perdana yang digelar oleh Karang Taruna Kelurahan Ngreco yang memang masih seumur jagung. Acara ini bertujuan memperkenalkan internet positif, di antaranya dengan pembuatan website. "Kali ini, kami perkenalkan blogspot dengan seluk-beluknya. Mengganti template dari pihak ketiga, mengatur tampilan agar enak dilihat dan sebagainya. Memang masih standar awal, karena waktu juga tidak memungkinkan untuk mempelajari lebih dalam lagi."


Peserta merasa lebih mudah memahami karena proses pelatihan dengan praktek langsung membuat blog. Pak Kaab sendiri yang menjadi tentornya.

Untuk peserta memang dibatasi usia 17 sampai 30 tahun. Usia remaja produktif. Meskipun dengan kriteria usia tersebut sangat susah mendapatkan peserta.

Bapak Ismail, kadus Sidowayah yang berhasil ditemui waRTa16 beberapa hari lalu, ketika tengah mencari pemuda yang masuk kriteria usia tersebut, mengaku kesulitan.

"Di Sidowayah usia tersebut remaja sudah bekerja, rata-rata pergi merantau," kata beliau. "Mungkin lain kali bisa dijaring usia yang lebih mudah mencarinya, misal usia SMP, atau SMA begitu."

Panitia berhasil mengumpulkan sejumlah peserta 14 orang. Rata-rata sudah tidak asing memegang laptop, jadi pelatihan bisa mudah diikuti.

Acara berakhir pukul 11:30. Dan secara keseluruhan berjalan lancar. Sukses selalu buat Karang Taruna!

"Bagi yang ingin belajar web lebih lanjut bisa main ke basecamp Karang Taruna malam Minggu, insya Allah saya bisa bantu urusan ngeblog," kata Pak Kaab kepada waRTa16.

Suden Basayev

Suden Basayev

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.