Selamat datang di Sidowayah RT 01/06 Ngreco, Weru, Sukoharjo

handphone-tablet
Breaking News
recent

Pengajian Malam Jumat di Rumah Bu Ngatinem


Kamis malam, 9 April 2015, bakda Isya, pengajian RT memasuki giliran rumah Bu Ngatinem.

Suasana cukup gerah karena hujan yang tak jadi turun. Terlihat penuh ruangan utama rumah Bu Ngatinem, kentara sekali para warga antusias berangkat pengajian pada malam hari ini.

Sebagaimana biasanya, acara dibuka oleh Pak Diyono. Dilanjutkan mengaji bersama dipimpin Pak RT, surat Maryam ayat 83 sampai selesai yakni ayat 98.

Taushiah diisi oleh Ustadz Ibnu Kaab. "Ikan yang ada di sungai tidak akan kita dapatkan di laut," beliau memulai. Maksud perkataan itu adalah, meski kajian lingkup RT ini terhitung pengajian kecil, tapi tidak boleh diremehkan karena bisa jadi ilmu yang didapat adalah ilmu yang tidak bisa diperoleh di pengajian besar sekalipun.


Ustadz Kaab menerangkan tentang haramnya bangkai yang tidak disembelih, darah, daging babi dan sembelihan untuk selain Allah. Akan tetapi jika terpaksa tapi sebenarnya kita tidak menginginkan dan tidak ada lainnya serta tidak berlebihan, maka diperbolehkan, dan untuk mempertahankan hidup.

Hal yang sangat miris, adanya beredar obat-obatan yang tidak jelas kehalalannya. Cerita seorang teman yang ternyata menemukan fakta banyaknya cangkang untuk kapsul ternyata terbuat dari tulang babi.

Setiap obat sebenarnya mengandung racun karena sifat kimiawinya, tapi dalam takaran tertentu, efek positifnya diperlukan. Tapi kadang pasien berlebihan mengonsumsinya.

Nabi juga berpesan agar kita tidak membuat kemudharatan bagi diri kita sendiri. Untuk itulah, sikap berhati-hati sangat diperlukan dalam mengonsumsi apapun.

Pengajian diakhiri dengan doa kafaratul majelis.
Suden Basayev

Suden Basayev

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.