Selamat datang di Sidowayah RT 01/06 Ngreco, Weru, Sukoharjo

handphone-tablet
Breaking News
recent

Malam Jumat Ngaji di Rumah Bapak Suwarno




Kamis, 4 Desember 2014, rumah Bapak Suwarno - Ibu Sulastri ketempatan Pengajian Rutin malam Jumat dua pekan sekali. Bakda Isya, cuaca berawan, rintik gerimis turun tapi tidak berlanjut hujan.

Pengajian dibuka Bapak Diyono, lanjut pembacaan ayat Alquran dipimpin Pak RT, kali ini masuk surat Al Kahfi (18) ayat 60 sampai 70.

Taushiah oleh Ustad Ibnu Kaab. "Nasihat Ali ra, 'Kalau saja tidak ada 5 hal ini di dunia, maka saya bisa pastikan semua orang di dunia ini akan jadi salih semua'."


Pertama, qonaah atau menerima adanya kebodohan. Inilah penghilang kesalihan karena tidak adanya keinginan menuntut ilmu.

Kedua, sangat tamak/rakus dalam menginginkan dunia. Ketiga, sangat pelit/bakhil akan duniawi. Keinginan berlebih akan hal duniawi, yang diikuti rasa pelit akan pembelanjaannya dalam hal beramal atau menafkahkan harta di jalan Ilahi.


Keempat, yang sangat merugikan, adalah riya' atau pamer dalam beribadah atau beramal. Riya' adalah perbuatan syirik kecil.

Terakhir, adanya rasa ujub atau bangga pada diri sendiri. Inilah yang menghilangkan nilai kesalihan kita.

Dengan mengetahui kelima hal tersebut, tentu kita harus berusaha menghilangkannya agar kita bisa jadi umat yang salih.

Sebelum pengajian diakhiri, Pak RT menyampaikan beberapa informasi, yakni tentang pencairan PSKS kemarin, dana pembangunan yang disumbangkan oleh Bapak Jumbadi dan dana stimulan dari balai desa.
Suden Basayev

Suden Basayev

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.